Hadapi Kemajuan Teknologi, BKN Telah Kembangkan Aplikasi Digital Bidang Kepegawaian

Jakarta-Humas BKN, Direktorat Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Workshop Internalisasi Database Penilaian Kinerja Nasional di Jakarta pada Jumat (22/11/2019). Workshop tersebut diikuti oleh 66 pegawai yang merupakan perwakilan Biro Kepegawaian Instansi Pusat, Badan Kepegawaian Daerah dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). Selain itu Kantor Regional I BKN Yogyakarta, Kantor Regional BKN XI BKN Manado dan Kantor Regional XII BKN Pekanbaru juga turut serta dalam workshop ini melalui teleconference.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana yang membuka secara resmi workshop tersebut menyampaikan bahwa MySAPK, Daily Evaluation System (DES) dan e-Lapkin yang dikembangkan oleh BKN merupakan bentuk digitalisasi bidang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam menghadapi kemajuan teknologi. Digitalisasi dikembangkan guna memberikan kemudahan bagi seluruh PNS di Indonesia dan membantu meningkatkan performance birokrasi, melalui penilaian kinerja dan prestasi kerja yang akurat dan terukur. “DES dan e-Lapkin terintegrasi dengan MySAPK, untuk itu PNS bertanggung jawab terhadap data kepegawaian masing-masing dengan melakukan update secara rutin,” ujarnya.

Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Haryomo Dwi Putranto menyampaikan bahwa masih banyak Instansi yang belum mengimplementasikan penilaian kinerja sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019, padahal penilaian kinerja pegawai merupakan hal penting dalam mewujudkan sistem merit. Melalui DES dan e-Lapkin yang mampu mengukur kinerja secara akuntabel dan terintegrasi dengan MySAPK, Instansi akan dipermudah dalam melaporkan kinerja PNS setiap tahunnya kepada BKN. Selain itu, BKN juga mengembangkan aplikasi e-Coaching Clinic guna mengimplementasikan penilaian kinerja secara efektif dan efisien. “Jumlah peserta e-Coaching Clinic meningkat setiap tahun sejak 2017, tahun ini jumlahnya mencapai 172 Instansi hingga November 2019,” ujar Haryomo.

Pada workshop tersebut, Kepala BKN bersama Deputi Bidang PMK BKN dan Direktur Kinerja ASN BKN, Neny Rochyany meluncurkan aplikasi e-Coaching Clinic secara resmi. E-Coaching Clinic merupakan aplikasi metode pendampingan dan penilaian kinerja melalui teleconference dan tatap muka langsung dengan registrasi online. kaw

Sumber : https://www.bkn.go.id/berita/hadapi-kemajuan-teknologi-bkn-telah-kembangkan-aplikasi-digital-bidang-kepegawaian

0Shares

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *